Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Katolik Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching

Authors

  • Sergius Lay STP Dian Mandala
  • Paulinus Kanisius Ndoa STP Dian Mandala Gunungsitoli
  • Teti Gusni Waruwu STP Dian Mandala Gunungsitoli

DOI:

https://doi.org/10.62200/magistra.v1i1.44

Keywords:

Learning outcomes, Catholic religious education, learning strategies

Abstract

Judul penelitian ini adalah Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Katolik melalui Model Quantum Teaching. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi mencapai hasil belajar berdasarkan model pembelajaran Pendidikan Agama Katolik. Penelitian ini diangkat dan diteliti dilatarbelakangi oleh situasi pembelajaran di mana siswa masih kurang percaya diri, sulit memilih kata atau tampak ragu-ragu dalam berbicara, motivasi yang jarang diberikan oleh guru, yang menyebabkan kurangnya memiliki kesan yang berarti pada siswa. Model pembelajaran quantum teaching adalah salah satu model yang dapat mengatasi persoalan yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran, termasuk dalam Pendidikan Agama Katolik, karena model ini memotivasi siswa dalam menciptakan suasana belajar siswa secara baik dan positif karena ada suasana yang nyaman dan menyenangkan, pelajaran dapat dimengerti dan diterima dengan mudah oleh siswa serta membimbing siswa ke arah berpikir yang sama dalam satu saluran pikiran yang sama. Adapun strategi untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Katolik melalui pembelajaran quantum teaching adalah: membangun komunikasi atau interaksi antara guru dan siswa secara positif; menciptakan suasana kelas yang positif; menciptakan suasana belajar yang menyenangkan; memaksimalkan waktu yang ingin dicapai dalam keberhasilan siswa dalam hal belajar; dan mempersiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung proses belajar siswa di kelas.  

References

Arikunto, S. (2022). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Nusantara Hasana Journal, 1(10).

Gobert. (2010). Introduction to Model Based Teaching and Learning in Science Education. Internasional Journal of Science Education, 1.

Harsyanto, R. (2007). Pengelolaan Kelas yang Dimanis. Kanisius.

Khosiyono, B. H. (2000). Quantum Teaching. Kaifa.

Khosiyono, B. H. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching. Nusantara Hasana Journal, 1(11).

M. De Porter, . (1992). Quantum Learning. Kaifa.

Majid, A. (2020). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Education and Learning Journal, Vol. 1, No(1).

Nasrallah. (2014). Learning Outcome Role in Higher Education Teaching. Education, Bissines and Society, 1.

Setiawan, L. (2016). Mutiara Belajar. Media Maxima.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group.

Udin S.Winataputra. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Universitas Terbuka.

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas VII B SMPN 3 Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan. (2022). Nusantara Hasana Journal, Volume 1.

Yanti, F. (2021). Psikologi Komunikasi. IKAPI.

Downloads

Published

2023-10-23

How to Cite

Lay, S., Paulinus Kanisius Ndoa, & Teti Gusni Waruwu. (2023). Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Katolik Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Magistra, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.62200/magistra.v1i1.44