Pengaruh Kebiasaan Refleksi Harian terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa STP Dian Mandala Gunungsitoli
DOI:
https://doi.org/10.62200/magistra.v3i3.219Keywords:
Academic culture, Catholic Students, Character formation, Daily reflection, Moral awarenessAbstract
Daily reflection is one of the spiritual traditions in Catholic teaching that aims to reassess daily actions in the light of faith. This study discusses the influence of daily reflection habits on the formation of Catholic students' character, especially in terms of honesty, discipline, empathy, and responsibility. The research was conducted with a descriptive qualitative approach through in-depth interviews with Catholic students from various universities in Indonesia. The results of the study show that daily reflection not only strengthens a personal relationship with God, but also fosters moral awareness that is the basis for character formation. Thus, daily reflection can be seen as a spiritual habit that has a real impact on the formation of an academic culture of integrity.
References
Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press. https://doi.org/10.31219/osf.io/juwxn
Alfred, L., & Christiyanti, M. I. (2024). Analisis transformasi diri Kanisian melalui latihan kepemimpinan Ignasian di Kolese Kanisius Jakarta. Spiritualitas Ignasian: Jurnal Kerohanian dalam Dunia Pendidikan, 24(2), 122–146. https://doi.org/10.24071/si.v24i2.10340
Dessindi, K. (2024). Implementasi flipped learning pada mata kuliah pengantar teologi Kristiani berbasis pedagogi Ignasian. Spiritualitas Ignasian: Jurnal Kerohanian dalam Dunia Pendidikan, 24(1), 27–48. https://doi.org/10.24071/si.v24i1.8758
Halawa, S. B., Telaumbanua, S., & Syahfitri, D. (2023). Nilai budaya Nias dalam teks Hikaja Duada Hiya sebagai penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2116–2130.
Herin, B. L., & Goa, L. (2025). Efektivitas pelaksanaan pastoral dasar dalam membentuk spiritualitas mahasiswa prodi pelayanan pastoral di era digital. Jurnal Pelayanan Pastoral, 41–51.
Pamungkas, A. H. W. (2025). Pemanfaatan teknologi digital dalam mendukung kegiatan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(02), 618–627.
Paus Fransiskus. (2019). Christus vivit (Kristus hidup) (A. L. Natania, Trans.; 13 Seri Dokumen Gerejawi No.). Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI.
Paus Fransiskus. (2020). Ensiklik tentang persaudaraan dan persahabatan sosial (Fratelli tutti) (A. Suparman & B. H. T. Prasasti, Eds.; M. Harun, Trans.). Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI.
Paus Yohanes Paulus II. (2019). A. Gereja dan internet B. Etika dalam internet C. Perkembangan cepat (A. Suparman & B. H. T. Prasasti, Eds.; 111 Seri Dokumen Gerejawi No.). Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI.
Payong, M. R. (2022). Adaptasi nilai-nilai budaya lokal dalam pendidikan: Studi penggunaan Go'et dalam pendidikan agama Katolik. Dunamis: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 7(1), 384–400. https://doi.org/10.30648/dun.v7i1.753
Pranyoto, Y. H. (2016). Upaya meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui pembiasaan refleksi. Jurnal Masalah Pastoral, 4(1), 11–24. https://doi.org/10.60011/jumpa.v4i1.20
Sili, F. (2023). Sekolah vokasi dengan keunggulan karakter spiritualitas Katolik: Refleksi atas pengalaman sebagai seorang guru dan pengawas pendidikan agama Katolik di sekolah menengah kejuruan Kota Manado. Jurnal Seri Mitra (Refleksi Ilmiah Pastoral), 2(2), 97–107.
Susilo, E. F., & Saragih, M. S. (2020). Strategi pembelajaran pendidikan karakter berbasis kearifan budaya lokal. Kontras: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2).
Tobing, O. S. L. (2021). Pembentukan hidup rohani mahasiswa/i Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak. In Veritate Lux: Jurnal Ilmu Kateketik Pastoral Teologi, Pendidikan, Antropologi, dan Budaya, 4(2), 81–99. https://doi.org/10.63037/ivl.v4i2.52
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Magistra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.