Pengaruh Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap Karakter Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 1 Raya Kabupaten Simalungun Tahun Pembelajaran 2023/2024

Authors

  • Marice Simamora Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Johari Manik Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Hasudungan Simatupang Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Sandy Ariawan Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Ordekoria Saragih Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.62200/magistra.v2i3.142

Keywords:

Exemplary Christian Education Teachers, Student Character, Attitude

Abstract

The purpose of this study was to determine the positive and significant influence of the Exemplary Christian Education Teacher on the Character of Class X Students of SMK Negeri 1 Raya, Simalungun Regency in the 2023/2024 Academic Year. The research method used was a quantitative method with descriptive statistics. The population was 159 Protestant Christian students of class X of SMK Negeri 1 Raya, Simalungun Regency in the 2023/2024 Academic Year and a sample of 40 people was determined using a random sampling technique. Data were collected using a positive closed questionnaire of 39 items, namely 20 items for variable X and 19 items for variable Y. The results of the data analysis showed that there was a positive and significant influence of the Exemplary Christian Religious Education Teachers on the Character of Class X Students of SMK Negeri 1 Raya, Simalungun Regency in the 2023/2024 Academic Year, as evidenced by the following data analysis: 1) Analysis requirements test: a) Positive relationship test obtained rxy value = 0.479> rtable ( = 0.05, n = 40) = 0.312. b) Significant relationship test obtained tcount = 3.364> ttable ( = 0.05, dk = n-2 = 38) = 2.021. 2) Influence test: a) Regression equation test Y ̂="2.85" + 0.79X. b) Regression determination coefficient test (r2) = 22.9%. 3) Hypothesis testing using the F test obtained Fcount > Ftable = ( = 0.05, df numerator k = 13, df denominator = n-2 = 40-2 = 38) which is 11.3 > 2.00. Thus Ha is accepted and H0 is rejected.

References

Agus Kala Padang, & Weisman, I. T. J. (n.d.). Pengaruh keteladanan guru pendidikan agama Kristen terhadap pembentukan karakter siswa di SMP PGRI Merinding kelas II. Jurnal, 3.

Aisyah, M. (2018). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasinya. Kencana.

Arikunto, S. (2017). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Bafirman, H. B. (2016). Pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran penjasorker. Kencana.

Fadilah Rabia’ah, S., et al. (2021). Pendidikan karakter. CV. Agrapana Media.

Gulo Dian Santayu. (2021). Pentingnya pendidikan karakter Kristen di era modernisasi dan aplikasinya bagi peserta didik di SMA Kristen Adi Witaya Jember. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3, 10-11.

Gunarsa, S. (2012). Psikologi untuk membimbing. Libri BPK Gunung Mulia.

Hadi Sutrisno. (2001). Metodologi research. Grafindo Litera Media.

Heri Gunawan. (2022). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasi. CV. ALFABETA.

Hilda Ainissyfa. (2018). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 08(01), 5.

Jarot Wijarnako. (2002). Mendidik anak. Suara Pemulihan.

Lickona, T. (2012). Character matters: Persoalan karakter ‘Bagaimana membantu anak mengembangkan penilaian yang baik, integritas, dan kebajikan penting lainnya. PT Bumi Aksara.

Lickona, T. (2012). Education for character: Mendidik untuk membentuk karakter. PT. Bumi Aksara.

Mustari Mohamad. (2014). Nilai karakter refleksi untuk pendidikan. PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Mustoip Sofian, S., et al. (2018). Implementasi pendidikan karakter. CV. Jakad Publishing.

Nababan, H., & Dorlan. (2023). Kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Kristen dalam meningkatkan karakter siswa di sekolah. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2, 3-4.

Naibaho, D. (2021). Kode etik & profesionalisme guru pendidikan agama Kristen. CV. Pena Persada.

Nainggolan, J. (2007). Menjadi guru agama Kristen: Suatu upaya peningkatan mutu dan kualitas profesi keguruan. Generasi Info Media.

Nantara, D. (2020). Pembentukan karakter siswa melalui kegiatan di sekolah dan peran guru (kajian empiris di SMP Negeri 2 Widang-Tiban). Jurnal Pendidikan Tabulasi, 1, 2251-2260.

Pasaribu, A. (2015). Aplikasi kompetensi guru pendidikan agama Kristen yang alkitabiah. CV. MITRA.

Pasaribu, A. (2021). Korelasi tugas fungsi orang tua dalam pembentukan karakter remaja. IAKN Tarutung Press.

Paulus Lilik Kristianto. (2006). Prinsip & praktik pendidikan agama Kristen: Penuntun bagi mahasiswa teologi & PAK, pelayan gereja, guru agama, dan keluarga Kristen. ANDI Penerbit Buku dan Majalah Rohani.

Saptono. (2011). Dimensi-dimensi pendidikan karakter: Wawasan, strategi, dan langkah praktis. Erlangga.

Sibarani, R. (2014). Pembentukan karakter yang arif. Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, Provinsi Sumatera Utara.

Sidjabat, B. S. (2000). Menjadi guru profesional: Sebuah perspektif Kristiani. Yayasan Kalam Hidup.

Sidjabat, B. S. (2011). Membangun pribadi unggul. Andi.

Sihombing, R. (2019). Keteladanan guru PAK terhadap pembentukan karakter peserta didik. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 6, 3-4.

Simamora, D. (2019). Psikologi pendidikan agama Kristen pada remaja. IAKN Tarutung Press.

Simanjuntak, A. (n.d.). Peran orang tua dan guru pendidikan agama Kristen dalam pembentukan karakter rohani siswa di SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo Jawa Timur. Jurnal Teologi & Pelayanan (Kerusso).

Simatupang, H., et al. (2020). Pengantar pendidikan agama Kristen. Andi.

Situmeang, R., et al. (2023). Pengaruh keteladanan guru pendidikan agama Kristen terhadap pembentukan karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2, 7-8.

Sofyan, T. (2015). Pendidikan karakter. IAIN Jember Press.

Solehatin, C. A. (2012). E-Quisioner terhadap tingkat pemanfaatan layanan WI-FI Kabupaten Banyuwangi. CV Budi Utama.

Sri Zulfida. (2020). Pendidikan karakter dalam buku ajar I. Sukur Pustaka.

Sudjana. (2016). Metode statistika. Bandung.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumarlina, K. (2020). Pembentukan dan penanaman karakter Kristen di sekolah. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 2(1), 58-59.

Suyadi. (2012). Menerapkan pendidikan karakter di sekolah. MENTARI Pustaka.

Thomas Edison. (2018). Pendidikan nilai-nilai Kristiani: Menabur norma menuai nilai. Kalam Hidup.

Tu’u, T. (2010). Pemimpin Kristiani yang berhasil. Bina Media Informasi.

Yohana Afliani Ludo Buan. (2020). Guru dan pendidikan karakter: Sinergitas peran guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter di era milenial. CV. Adanu Abimata.

Yosefo Gulo. (2022). Motivasi belajar siswa: Studi kasus tinjauan melalui kompetensi sosial dan keteladanan guru. CV. Adanu Abimata.

Downloads

Published

2024-08-22

How to Cite

Marice Simamora, Johari Manik, Hasudungan Simatupang, Sandy Ariawan, & Ordekoria Saragih. (2024). Pengaruh Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap Karakter Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 1 Raya Kabupaten Simalungun Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jurnal Magistra, 2(3), 37–44. https://doi.org/10.62200/magistra.v2i3.142